Nurdin: Saya Mau Mundur, Asal…


Ketua Umum PSSI, Nurdin Halid.
Kamis, 25/3/2010 | 00:46 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com – Ketua Umum PSSI, Nurdin Halid, menyatakan PSSI mempunyai mekanisme, termasuk dalam pergantian ketua umum, yang harus lebih dulu diusulkan oleh anggotanya.

“Saya itu bukannya ingin mempertahankan kedudukan, apalagi tidak ingin diganti sebagai ketua umum PSSI. Semua ‘kan ada mekanismenya,” kata Nurdin yang dihubungi wartawan di Jakarta, Rabu (24/3/2010), soal berkembang wacana pergantian pimpinan PSSI jelang Kongres Sepak Bola Nasional (KSN) di Malang pada 30-31 Maret 2010.

Menurut dia, jika ada permintaan pergantian itu datang dari dua pertiga anggota PSSI, ia rela melepaskan jabatan melalui peraturan yang ada.

“Saya pasti dengan rela melepaskan jabatan ketua umum melalui Kongres Luar Biasa (KLB) PSSI. Tetapi, kalau permintaan itu datang bukan dari anggota PSSI, bagaimana saya bisa menaatinya. Ini kan organisasi yang punya aturan. Perlu diketahui, statuta PSSI itu kan telah disempurnakan sesuai statuta federasi sepak bola internasional (FIFA),” kata  pria kelahiran Watampone, Sulsel, 17 November 1958 ini.

Nurdin juga menegaskan, dirinya telah diberi amanat oleh seluruh anggota dalam Kongres PSSI yang digelar di Makassar pada April 2007. Soal KSN, Nurdin menyambut baik pelaksanaannya yang mencari solusi bagi peningkatan prestasi sepak bola Indonesia. Ia menegaskan, jika ingin mencalonkan diri menjadi ketua uUmum PSSI, dipersilakan bertarung di Kongres PSSI 2011.

Sementara itu, sejumlah mantan pemain nasional yang bergabung dalam PPSN (Persatuan Pemain Sepak Bola Nasiona) seperti Anjas Asmara, Sarman Panggabean, Oyong Liza, dan Sinyo Aliandoe menilai perlu ada perombakan dalam tubuh PSSI saat ini.

“Perlu ada revolusi dalam tubuh PSSI,” kata Sarman usai bertemu Ketua Umum KONI-KOI Rita Subowo.

Sarman juga menegaskan, PSSI juga selama ini tertutup bagi para mantan pemain timnas. Dalam ajang KSN mendatang akan hadir sekitar 30 mantan pemain timnas dari era Oyong Liza hingga Ricky Yacob. (ANT)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s