Bentrokan di Athena Berlanjut, Ratusan Pendemo Ditangkap



Bentrokan antara pengunjuk rasa dengan polisi di Athena, Yunani
07/12/2009 22:38
Liputan6.com, Athena: Bentrokan antara pengunjuk rasa dan polisi di Athena, Yunani, terus berlanjut hingga Senin (7/12) dini hari waktu setempat. Polisi menangkap 177 orang di Athena dengan tuduhan mengganggu ketentraman umum, dan 103 lainnya ditangkap di Thesaloniki. Bentrokan juga terjadi di Patras dan Ionnina.

Kericuhan berawal dari peringatan satu tahun kematian seorang remaja bernama Alexandros Grigoropoulos yang tewas tertembak polisi tahun lalu. Aksi berlangsung di beberapa lokasi, antara lain di sekitar Universitas Athena. Sekitar 200 pengunjuk rasa bertopeng memasuki kampus dan mengganti bendera Yunani dengan spanduk anarkis, serta mencongkel batu dan tangga kampus untuk dilemparkan ke polisi.

Puluhan orang terluka termasuk Rektor Universitas Athena yang dilarikan ke ruang perawatan intensif, dan 16 polisi. Sejumlah gedung dan fasilitas juga rusak [baca: Unjuk Rasa di Athena Berujung Rusuh]. Untuk meredam agar aksi massa tak meluas, lebih dari 6.000 polisi bersiaga di sejumlah ruas jalan kota. Polisi menuding pengunjuk rasa sengaja memprovokasi polisi agar situasi menjadi rusuh, namun pengunjuk rasa balik menuding polisi yang lebih dulu bertindak represif. Selengkapnya simak video berikut.(TES/AYB)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s