Dikurangi, Pajak Industri Video Game


Artikel Terkait

25/03/2010 13:05
Liputan6.com, London: Industri kreatif video game di Inggris direncanakan menikmati fasilitas pengurangan pajak pemerintahan Gordon Brown pada 2010 ini. Hal itu dikatakan politisi Partai Buruh Alistair Darling kepada The Telegraph, Kamis (24/3)

“Permainan segala jenis usia itu memberikan kontribusi ekonomi dan budaya bagi Inggris,” kata Darling.

Darling mengungkapkan bahwa sistem kredit pajak tersebut mirip dengan pajak yang diberlakulkan terhadap industri film Inggris. “Namun, skema ini memerlukan persetujuan dari Komisi negara Uni Eropa sebelum dapat diimplementasikan,” katanya.

Sementara Direktur Eksekutif Asosiasi Perdagangan Industri Permainan Inggris (Tiga) Dr Richard Wilson menyebutnya sebagai keputusan yang menginspirasi. Ia memperkirakan keringanan pajak akan menambah 3.550 lapangan kerja, investasi dan inovasi di sektor video game sekitar £ 457 juta atau sekitar Rp 6,9 milyar.

“Sehingga selama periode lima tahun itu harus menciptakan atau melindungi 3.550 pekerjaan tingkat sarjana. Selain itu, menjaga yang £ 457 juta untuk pengeluaran pembangunan dan mendorong pengembang bisnis model baru, serta menciptakan kekayaan intelektual,” kata Wilson.

Selama ini, negara semacam Kanada dan Perancis menawarkan subsidi dan insentif bagi para pengembang industri kreatif. Hal itu membuat kalangan industri Inggris mengkhawatirkan dampak proteksi. Sementara di Indonesia, industri kreatif dalam negeri masih dibebani penerapan pajak ganda.(ADDY/SHA)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s