Hasyim Muzadi Jadi Calon Kuat Rois Aam



Hasyim Muzadi di Muktamar NU di Makassar.
25/03/2010 13:36

Liputan6.com, Makassar: Memasuki hari keempat Muktamar Nadhlatul Ulama ke-32 di Makassar, Sulawesi Selatan, Kamis (25/3), persaingan untuk posisi pucuk pimpinan NU semakin ketat. Salah satu yang namanya makin menguat adalah KH Hasyim Muzadi untuk menjabat sebagai Rois Aam.

Semalam Hasyim Muzadi secara resmi meletakkan jabatannya sebagai Ketua Umum Pengurus Besar NU (PBNU). Laporan pertanggungjawaban kepemimpinan Hasyim diterima secara aklamasi oleh peserta [baca: LPJ Hasyim Muzadi Diterima].

Dalam sidang tersebut sejumlah muktamirin juga menyatakan pendapat mengenai pemilihan Ketua Umum PBNU dan Rois Aam. Mereka mengharapkan pemilihan perlangsung tanpa ada intervensi dari kepentingan luar, dan para kandidatnya tidak terlibat dalam politik praktis.

Selain itu, para peserta juga ingin agar Rois Aam atau dewan pembina NU kembali dijadikan sebagai institusi tertinggi sebagai pengambil kebijakan di organisasi itu. Sebab selama ini keputusan selalu didominasi PBNU.

Sebagai calon Rois Aam, Hasyim Muzadi bersaing dengan KH Sahal Mahfudz dan KH Maimun Zubair. Sementara untuk kandidat Ketua Umum PBNU ada tujuh calon, diantaranya KH Said Agil Siradj dan KH Sholahuddin Wahid.

Semenatara itu, agenda siang ini akan diisi dengan pembahasan sidang-sidang komisi. Salah satunya Komisi Bahtsul Masa`il yang membahas persoalan-persoalan aktual terkait dengan agama, politik, sosial dan kemasyarakatan. Topik yang dibahas antara lain mengenai UU Informasi dan Transaksi Elektronik, serta UU Penyadapan Telepon.(TES/YUS)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s