Torres-Gerrard Disuruh Hengkang


Pemain Liverpool Steven Gerrard (kiri) dan Fernando Torres.
Jumat, 26/3/2010 | 01:56 WIB

LIVERPOOL, KOMPAS.com — Mantan kapten Liverpool, Phil Thompson, mengatakan, Fernando Torres dan Steven Gerrard harus memaksa pemilik klub, George Gillet dan Tom Hicks, untuk mengucurkan anggaran transfer besar untuk musim depan. Ia bahkan menyarankan Gerrard dan Torres untuk hengkang bila klub menolak permintaan itu.

Hal itu berkaitan dengan kondisi Liverpool yang saat ini memang memprihatinkan. Selain tersingkir dari Liga Champions, mereka juga tak diperhitungkan bersaing di empat besar klasemen Premier League.

Hal ini mengundang keprihatinan banyak pihak, terutama dari mantan penggawa dan pendukung Liverpool. Sementara sebagian menuding pelatih Rafael Benitez tak becus bekerja, sebagian lain melemparkan kesalahan kepada manajemen.

Thompson masuk kalangan kedua. Menurutnya, Liverpool kehilangan daya saing karena kualitas pemain utama dan lapis dua begitu jauh berbeda. Akibatnya, ketika barisan pemain utama, termasuk Torres dan Gerrard, terjerembab di lubang cedera, tim pun limbung. Ketika mereka pulih, keadaan sudah begitu parah dan sulit diperbaiki.

Soal Benitez, ia mengatakan, pelatih mana pun akan kesulitan meracik strategi hebat tanpa didukung materi pemain mumpuni. Menurutnya, kualitas Benitez baru bisa dilihat secara utuh dan adil bila Liverpool sudah menyediakan skuad yang lebih mumpuni.

Masalahnya, menurut Thompson, manajemen enggan menyediakan pemain top. Pasalnya, beban utang sebesar 237 juta poundsterling memaksa mereka memangkas anggaran transfer dan gaji. Di sinilah Torres dan Gerrard harus menunjukkan diri sebagai tokoh besar, sebagai pesepak bola dan manusia.

“Kami menginginkan stadion baru sebelum Arsenal. Namun, kini mereka sudah memiliki stadion berkapasitas 60.000 kursi yang penuh setiap pekannya dan mendapat pemasukan besar setiap pekan dibanding kami. Klub stadion, dan apa yang terjadi di lapangan (prestasi) sepertinya hanya sasaran sekunder (Hick dan Gillet),” ujar Thompson.

“Mereka cuma peduli soal uang dan berutang, sesuatu yang seharusnya tak pernah ada. Ketika Hicks dan Gillet datang, aku adalah orang yang menyetujui omongan mereka. Namun, mereka tidak melakukan apa yang mereka katakan, yaitu soal membangun stadion dan tak menambah beban klub ini,”

“(Torres) dan Stevie Gerrard harus mengatakan, ‘Bila Anda tak ingin berinvestasi, mengapa kami harus bertahan di sini?’ Mereka harus memberikan ultimatum kepada mereka (Hicks dan Gillet).”

“(Gillet dan Hicks) sudah mendapat tawaran untuk menjual klub ini. Bila mereka tak bisa melihat masa depan dan tak berinvestasi, Rafael (Benitez) atau yang lain tak bisa bekerja dengan baik dalam persaingan Premier League, karena (Benitez atau yang lain) bukan pesulap,” paparnya. (DM)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s