Batagor Kotak ???


GB

Bandung – Cara-cara unik dilakukan pengusaha kuliner untuk menarik perhatian konsumen yaitu dengan membuat inovasi dari menu makanan yang sudah sangat populer misalnya batagor.

Agar menu batagor lain dari yang lain, Warung Image menyediakan batagor dalam bentuknya yang baru yaitu kotak. Hal itu diakui pengelola Warung Image Meka Hermawan (35), kalau dikeluarkannya menu batagor kotak untuk memberikan citra yang beda dari batagor.

“Kita memang coba beda dari penampilan dengan membuat batagor kotak,” ujarnya saat ditemui di Warung Image Jalan Terusan ABC.

GB

Batagor kotak ini mulai diperkenalkan di Warung Image kepada konsumen sekitar dua bulan yang lalu. Menurut Meka, pihaknya sengaja tidak melakukan promosi besar-besaran, cukup dengan memasang billboard dengan tulisan besar untuk menarik perhatian pengguna jalan.

Warung Image sendiri menu khasnya adalah steak & Grill, namun kini ditambah menu-menu oriental yang lebih banyak, termasuk batagor.

Batagor kotak, dibuat dari tahu asli Lembang dan ikan tenggiri. Jika batagor biasa tahu yang dipakai hanya sepotong, untuk batagor kotak, digunakan satu tahu utuh lalu isi bagian tengah tahu dikeluarkan dan diganti dengan adonan ikan tenggiri. Kemudian digoreng hingga tahu kering.

GB

Untuk tahu, ujar Meka, sengaja tidak dipilih yang lembut karena ingin rasa tahunya lebih renyah. Sedangkan adonan tenggiri antara ikan tenggiri dan tepung kanji komposisinya 2:1. Dalam adonan juga ditambahkan lemak ayam agar rasanya lebih gurih.

Cara menyantap pun sesuai selera, bisa tahunya dulu atau adonan tenggiri karena dalam penyajian akhir, adonan tahu dan tenggiri bisa dipisahkan.

Untuk bumbu, menurut Meka, pihaknya juga ingin beda. Porsi kacangnya dibuat lebih sedikit tapi penekanannya pada gurihnya bumbu. Sayangnya, rasa bumbu tidak terlalu pedas. Tapi Meka menganjurkan untuk yang ingin pedas tinggal menambahkan sambal.

GB

Meski dari segi rasa, batagor kotak ini memang tidak terlalu istimewa, tapi dengan mengandalkan bentuknya yang unik, Meka meyakinkan bisa mensejajarkan dengan batagor-batagor yang sudah lebih dulu populer di Bandung.

Saat ini dalam masa perkenalan bisa menjual 70 buah batagor per harinya. Dengan harga satu buah Rp 3 ribu atau per porsi isi empat Rp 12 ribu.

Ditambahkan Meka, biasanya long weekend juga cukup ramai terutama wisatawan dari Jakarta. Rata-rata, para wisatawan membeli batagor untuk oleh-oleh dan hanya minta digoreng setengah matang.

GB

“Kalau dari Jakarta biasanya beli sampai berpuluh-puluh,” tuturnya.

Meka pun menyarankan agar batagor tidak disimpan lama karena hanya bisa bertahan satu hari saja.

Warung Image baru ramai pada malam hari, bersamaan dengan warung Ceu Mar yang juga beroperasi di malam hari. Karena tempat perlintasan orang-orang malam, tutupnya pun hingga pukul 02.00 WIB dini hari.

Selain di Jalan Terusan ABC, Warung Image juga ada di Jalan Surya Sumantri No 25 dan Jalan Tamansari No 15.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s