Kodok Dapat Memprediksi Datangnya Gempa bumi?



Sekelompok Kodok akan pergi dari sarangnya bila akan terjadi gempa. Mereka pergi menjauhi pusat gempa, 1-7 Hari sebelum gempa terjadi !

Salah satu bukti berasal dari populasi kodok yang meninggalkan rumah mereka tiga hari sebelum terjadi gempa bumi yang melanda L’Aquila di Italia pada 2009.
Menurut BBC, belum diketahui bagaimana cara kodok-kodok memprediksi datangnya gempa. Bahkan menurut ahli biologi Itali yang mengamati habitat kodok, pasukan kodok yang jaraknya 74Km dari pusat gempa pun breaksi begitu cepat.


Sulit dipercaya. Para kodok dapat mengetahui keadaan geografi yang sulit diamati dan tak terduga.
Beberapa studi telah dilakukan tentang bagaimana menanggapi hewan domestik, tetapi mengukur respon hewan liar lebih sulit.
Bahkan hewan-hewan yang dikiranya dapat mengetahui terjadinya gempa seperti tikus, ular, atau ikan. Rata-rata mereka bereaksi jauh lebih lama setelah para kodok bereaksi.


Ahli biologi Dr. Rachel Grant dari Open University di Milton Keynes, UK, secara rutin mempelajari perilaku berbagai koloni kodok pada setiap harinya di Italia sekitar waktu gempa bumi besar terjadi.
studi-nya termasuk periode 29-hari pengumpulan data sebelum, selama dan setelah gempa bumi yang melanda Italia pada tanggal 6 April 2009. Gempa dengan 6,3 skala Richter menghantam kota L’Aquila, sekitar 95km (60 mil) dari utara-timur kota Roma.


Dr. Grant melihat sekelompok Kodok keluar dari sarangnya di Danau SanRuffino, Danau di tengah Itali.
5 hari sebelum gempa, jumlah kodok jantan di koloni peternakan jumlahnya turun hingga 96%.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s