Gumpalan Abu Vulkanik Terus Meningkat


Gumpalan awan abu vulkanik akibat letusan Gunung Eyjafjallajokull di Islandia, menunjukkan intensitas yang terus meningkat, Sabtu (17/4). Menurut data ahli meterologis setempat, gumpalan abu vulkanik pekat yang keluar dari kawah meningkat menjadi hampir satu kilometer.

Angin mendorong abu vulkanik ke selatan dan ke arah timur hingga wilayah Inggris, Irlandia, Scandinavia, dan Eropa Tengah.


Ilmuwan Islandia mengungkapkan debu sisa letusan sangat membahayakan terutama bagi mesin pesawat terbang. Pengamat cuaca memperkirakan angin sedang serta banyaknya lapisan gletser yang belum mencair membuat situasi ini belum akan berubah hingga beberapa hari mendatang.

Peristiwa ini berdampak langsung pada jadwal penerbangan lintas dunia dan turut berdampak pada sektor bisnis internasional. Prancis memperpanjang penutupan bandar udara hingga besok pagi. Beberapa negara lainnya, seperti Inggris dan Jerman menutup bandaranya paling tidak hingga pagi ini. Situasi ini memaksa para penumpang untuk beralih ke moda transportasi darat dan laut.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s